Panti Asuhan Baitul Qowwam

18 Mei 2023

Temu Forum 51 LKS se-Kabupaten Sleman, Angkat Tema Manajemen Pengelolaan Data

Sleman, Buletinsleman.Com
Lembaga Kesejahteraan Sosial merupakan salah satu pilar kesejahteraan sosial yang membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah-masalah kesejahteraan sosial. Sedangkan di Sleman sendiri terdapat 51 Lembaga Kesejahteraan sosial yang tersebar di seluruh kabupaten Sleman.
Mustadi S.Sos MM. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengatakan bahwa Forum Koordinasi LKS Sleman kali ini dengan mengangkat tema “ Manajemen Pengelolaan Data bagi Lembaga kesejahteraan Sosial ”. Hal ini dikarenakan menjadi salah satu tugas Dinas Social untuk melakukan pembinaan dan penguatan kepada lembaga sosial di kabupaten Sleman.
Hal ini menjadi agenda ketika 51 LKSA se Sleman berkumpul dalam Temu Forum LKS se-Kabupaten Sleman yang digelar oleh Dinas Sosial Kabupaten Sleman Rabu 17 Mei 2023 mengambil tempat di Panti Asuhan Tafaqquh Fiddin, Kendal Bangunkerto, Turi.

Drs. H. Sri Purnomo dalam kesempatan kajian mengenai syawalan menyampaikan meningkatkan amalan ibadah. Ia menyampaikan, ” jika di bulan Ramadhan kita dilatih dengan sholat tarawih, di luar bulan itu juga ada sholat malam atau sholat tahajud, tadarus dan amalan lainnya.” , sehingga makna syawalan yang berarti bulan peningkatan benar-benar bisa kita capai.
Salah satu materi yang ditampilkan adalah membahas mengenai Manajemen Pengelolaan Data bagi tembaga Kesejahteraan Sesial yang disampaikan oleh Ketua PSP DPD Yogyakarta Irwan Fauzi S. MA.
“ kegiatan ini dalam upaya untuk mengedukasi pengurus LKS terkait Manajemen data LKS ,sharing terkait pengelola data di LKS serta nantinya akan menghasilkan adanya serta peningkatan pemahaman bagi pengurus LKS terkait manajemen data”.
Data sendiri pada dasarnya adalah kumpulan fakta mentah, angka, atau detail yang diperoleh melalui pengamatan atau pengukuran. Data belum memiliki konteks atau makna yang jelas.
Sedangkan informasi adalah data yang telah diolah, diorganisir, dan diberi makna atau konteks sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik atau situasi.
Manajemen pengelolaan data merujuk pada serangkaian kegiatan dan proses yang dilakukan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, melindungi, dan menggunakan data dengan efektif dan efisien.
Tujuan utama dari manajemen pengelolaan data adalah untuk memastikan ketersediaan data yang akurat, terpercaya, dan relevan untuk mendukung pengambilan keputusan pada suatu lembaga.
Menurut salah satu peserta Muhtarom dari LKSA Baitul Qowwam Mororejo Tempel , “ kami mendapatkan ilmu bagaimana memanaje data dan mengolahnya sehingga mendapatkan informasi yang sangat berguna dalam pengelolaan pengasuhan panti”.

Dilansir dari :

https://mdindonesia.id/temu-forum-51-lks-se-kabupaten-sleman-angkat-tema-manajemen-pengelolaan-data

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *