Panti Asuhan Baitul Qowwam

30 Maret 2024

Ramadhan 1445 H di Panti Baitul Qowwam

Tempel, Baitulqowwamnews

Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif, halal, berpahala, dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di Panti Asuhan Baitul Qowwam selama Ramadhan 1445 H kali ini cukup banyak diantaranya :

Sahur dan Buka bersama, terutama Buka bersama digelar baik di dalam lingkungan panti maupun bersama jama’ah Masjid setempat  seperti masjid Birrul walidain di Plumbon Tengah untuk santri putra dan Mushola An Nashr Plumbon Tengah untuk santri putri jika tidak ada kegiatan buka bersama di panti.

Buka bersama di lingkungan panti seringkali bersama para donatur yang memberikan takjil kepada para santri dan biasanya berpusat di asrama putra Baitul Qowwam, dengan didahului kajian singkat dan juga sepatah kata dari donatur.    Keakraban nampak terjalin antara donatur, santri dan para pengasuh di bulann yang penuh barokah ini.

Menurut Ustadz Muhtarom “ Beberapa donatur yang berpartisipasi dalam kegiatan takjil seperti dari keluarga besar MTsn 5 Sleman, mbak Peni, Muji Karyono , planggok, Mas Zulfa (Hamka Darwis), Bu Sumarsilah Karanggawang, Bu Ike Cebongan FUMY, Keluarga Jevin, Srikandi Jannah, SMPN1 Medari Sleman, Fakultas Teknik UNY dan beberapa memberikan bantuan berupa sembako dan keperluan panti lainnya”.

Kegiatan lain adalah tadarus yakni membaca Al Qur’an Bersama Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan sebagai cara menambah pahala di bulan Ramadhan ialah mengaji atau membaca Al Qur’an bersama, dan Alhamdulillah telah khatam beberapa kali sampai pertengahan Ramadhan. “Bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia dan penjelasan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (antara yang hak atau yang benar dan yang bathil atau yang salah)” (Al-Baqarah: 185).

Shalat Tarawih Berjamaah juga dilaksanakan dengan khusyuk bertempat di aula panti Baitul Qowwam dan juga sholat wajib tentunya.

Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu.” Menghidupkan malam bulan Ramadhan yang dimaksud ialah dnegan melakukan amal baik misalnya shalat tarawih secara berjamaah.

Semoga dengan berbagai kegiatan ini menyempurnakan Ramadhan kita dan menjemput predikat manusia beriman yang bertaqwa sesuai dengan tujuan yang akan diraih selama Ramadhan.

 

Arief Hartanto  Humas Media BQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *