Panti Asuhan Baitul Qowwam

23 Oktober 2023

Pondok Pesantren Baitul Qowwam Plumbon Tengah Tempel Tampil Mempesona Dalam Rangkaian Karnaval Kegiatan Hari Santri 2023 Sleman, Jihad Santri Jayakan Negeri

Sleman, Baitulqowwamnews.

 

Pada Ahad, 22 Oktober 2023, Pondok Pesantren Baitul Qowwam Plumbon Tengah Mororejo Tempel ikut serta dalam rangkaian kegiatan Hari Santri 2023 di Kabupaten Sleman.

Berkekuatan 30 santri peserta upacara dan karnaval serta 6 official yang tampil dalam rangkaian kemeriahan Hari Santri yang dimulai dengan upacara di Lapangan Denggung.

Nampak ribuan santri dari berbagai pesantren berkumpul di sana untuk merayakan peran penting mereka dalam membangun negeri. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri,” sebuah motto yang menggugah semangat para santri untuk berjuang dan memberikan kontribusi nyata kepada bangsa dan negara.

Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya    mendorong kepada santri untuk menjadi agen perubahan di masyarakat. Santri diharapkan dapat menjadi panutan dan menciptakan toleransi serta kerukunan di wilayah Sleman. “Perbedaan adalah sesuatu yang menjadi keniscayaan pada manusia yang diciptakan Allah SWT . Hal itu di maksudkan  adalah untuk saling melengkapi dan menguatkan, menghargai, dan menghormati. Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, Hari Santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai Tanah Air,” kata Kustini sebagaimana dilansir dari Web Kemenag Sleman..

Ia menyampaikan tema peringatan Hari Santri tahun ini adalah  ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’, menjadi momentum untuk memaknai semangat para santri untuk dapat terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital, mengisi kemerdekaan dengan membangun perekonomian, mendorong kemajuan peradaban serta menjaga kerukunan  serta peran krusial para santri dalam memajukan pendidikan dan moral di masyarakat.

.Prosesi peringatan Hari Santri Nasional di akhiri dengan pelepasan rombongan kirab santri dari lapangan Denggung Sleman, menuju Masjid Agung Sleman dr. Wahidin Sudirohoesodo.

Kegiatan Kirab santri diikuti oleh  2.500 santri dari 47 pondok pesantren se-Kabupaten Sleman selanjutnya karnaval menyusuri jalan-jalan Kabupaten Sleman menuju kompleks Masjid Agung Wahidin Sudirohusodo. Ribuan santri dan official bergabung dalam karnaval ini, membawa pesan damai, kebersamaan, dan semangat berjuang.

Pondok Pesantren Baitul Qowwam Plumbon Tengah Mororejo Tempel tampil dengan semangat yang membara. Mereka mengenakan seragam pesantren mereka, mencerminkan kebanggaan akan identitas santri.

 

Kebersamaan dan semangat berjuang yang ditunjukkan oleh Pondok Pesantren Baitul Qowwam Plumbon Tengah Mororejo Tempel sangat membanggakan.

Tampil dengan tampilan warna seragam yang berbeda dari peserta lain dan tampilan koreografi yang apik dengan alunan music yang membangkitkan semangat hadir diantara ribuan santri lain.

Menurut M Yusuf dan Muhtarom selaku pengasuh santri Putra Baitul Qowwam, “ Alhamdulillah Pondok Pesantren Baitul Qowwam yang dipimpin H. Agus Triyanta mendapatkan undangan untuk turut tampil di hari SAntri Nasional 2023 Kabupaten Sleman kali ini dan kami upayakan tampil semaksimal mungkin sebagai pembuktian eksistensi Baitul Qowwam kepada Masyarakat Sleman”.

Hari Santri 2023 di Kabupaten Sleman benar-benar menjadi momentum yang luar biasa untuk menghargai dan merayakan peran besar santri dalam membangun Indonesia. Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” tetap menjadi inspirasi bagi semua santri untuk terus berjuang dan menyumbangkan yang terbaik untuk negeri  dan Agama Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *