Panti Asuhan Baitul Qowwam

8 April 2024

Hikmah Puasa Ramadhan, Buka Bersama Panti Baitul Qowwam Bersama PT Adhi Karya

Mlati, Baitulqowwamnews.

Ahad 7 April 2024 panti asuhan Baitul Qowwam memperoleh undangan buka bersama, dalam kesempatan buka bersama dan penyerahan bantuan dari PT Adhi Karya (persero) Tbk, Dept. Infrastruktur II Pemb.Jalan Tol Yogyakarta Bawen Paket 1 Jogja Bawen di kantor perwakilannya di Cebongan Mlati Sleman.

Selain Baitul Qowwam juga panti Siti Khotijah Sleman berpartisipasi dalam kegiatan ini .

Pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat memperkuat posisi Yogyakarta dalam industri khususnya pariwisata yang akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga akan meningkatkan peran Yogyakarta sebagai daerah untuk perkembangan ekonomi dikutip dari laman resmi PUPR.

Sementara menurut perwakilan dari PT Adhi Karya Proyek Tol Jogja Bawen harapannya kegiatan buka bersama dan snatunan ini  bisa bermanfaat kepada segenap peserta apalagi dalam suasana Ramadhan kali ini.

Sementara itu kegiatan ini juda diwarnai dengan game seru dan penampilan dari para santri  berupa yakni santri Putri Baitul Qowwam yang membawakan puisi dari ayat Al Qur’an yang menceritakan proses hidup manusia dari rahim sampai hari dibangkitkannya yang dibawakan dengan penuh penghayatan dan santri putra dengan penampilan hafalan Asmaul Husna.

Sementara itu Ustadz Jupri Wiyanto salah satu pengasuh panti asuhan Baitul Qowwam memberikan tausiyah tentang Hikmah puasa Ramadhan yang dapat dirinci dalam banyak hal yakni :

  1. Melatih diri untuk mematuhi perintah Allah.
  2. Meningkatkan disiplin.
  3. Mengontrol emosi.
  4. Melatih kesabaran.
  5. Menjernihkan hati dan pikiran.( kisah sahabat Abdullah bin Amr bin Ash dengan sekarang anshor yang mendapat jaminan ahli surga hanya karena suci hati tak pernah punya rasa curiga terhadap orang ) اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَب
  6. Artinya: ”Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu-bakar.” (HR. Abu Dawud).
  7. meningkatkan fokus dan produktivitas.( mesin pun perlu istirahat)
  8. menumbuhkan rasa peka dan empati.
  9. membuat badan lebih sehat ( summuu tasikhuu )
  10. terjaga / terhindar dari perilaku yang buruk.

Selanjutnya diserahkan sejumlah bantuan donasi yang diwakili oeh ustads Muhtarom  dan dilanjutkan dengan buka bersama yang berlangsung dengan suasana penuh keakraban.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *